My Dreams

  • Defender, Planned, Orderly, Organized, Practical, Controled, Decisive, Respect, Procedures, Details, Disciplined, Conscientious, Super Dependable, Warm, Generous, Peace, Quiet, Sensitivity, Privacy, Few Interruptions, Protected, People-oriented, Serves Others, Enjoys Harmonious, Loyalty, and Devotion.

Kamis, 18 April 2013

Peringatan World Heritage Day 2013 di Jakarta


Kamis, 18 April 2013 merupakan peringatan World Heritage Day. Berbagai acara bertemakan pusaka dan budaya diselenggarakan di berbagai daerah sebagai bentuk peringatan Hari Pusaka Dunia 2013 dengan acara puncak di Trowulan, Mojokerto.

Beberapa kota yang melaksanakan peringatan World Heritage Day diantaranya yaitu DKI Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Padang, Kalimantan, Makassar, dan masih banyak lagi. Untuk di DKI Jakarta peringatan World Heritage Day 2013 diselenggarakan di kawasan Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah).

Rencana kegiatan pada hari tersebut adalah flashmob, pertemuan komunitas pecinta budaya, diskusi tradisi lisan "La Galigo", serta jelajah malam Museum Sejarah Jakarta. Karena kondisi pada hari tersebut hujan lebat, maka terjadi beberapa kendala teknis yang menyebabkan acara tidak berjalan sesuai rencana. Flashmob yang direncanakan di pelataran Museum Sejarah Jakarta tidak bisa dilaksanakan. Maka acara langsung dilanjutkan dengan pertemuan dan diskusi di Balai Konservasi oleh beberapa komunitas pecinta budaya diantaranya yaitu Lontara Project (La Galigo for Nusantara), Sekar Widya Makara (Komunitas Gamelan Jawa, Universitas Indonesia), IKMB UNJ (Ikatan Keluarga Mahasiswa Banten, Universitas Negeri Jakarta), KHI (Komunitas Historia Indonesia) dan alumni Heritage Camp serta peserta lainnya. Kami membahas mengenai latar belakang, project atau program, dan perkembangan dari komunitas masing-masing. Kami sepakat untuk saling berbagi dan berkolaborasi dalam kegiatan bertema kebudayaan dan kepusakaan. Diskusi diakhiri dengan pemberian buku-buku dari BPPI (Badan Pelestarian Pusaka Indonesia) kepada masing-masing komunitas.

 

Tanpa mengurangi keceriaan pada hari itu, setelah diskusi berakhir, kami melaksanakan flashmob di dalam ruangan. Kami menari bersama dengan kompak dan bersemangat.
Malam harinya cukup cerah, acara dilanjutkan dengan jelajah malam kawasan Museum Sejarah Jakarta yang dipandu oleh KHI. Kami mengitari kawasan tersebut sekaligus mendapatkan informasi mengenai setiap tempat yang kita singgahi seperti Toko Merah hingga jembatan Kota Intan. Selain menikmati keindahan Jakarta tempo dulu yang begitu indah di malam hari, kita juga mendapatkan ilmu pengetahuan sejarah Museum Sejarah Jakarta dan memaknai nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
 
Pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Pusaka Dunia dalam berbagai kegiatan kreasi pencinta pelestari di daerah lainnya juga begitu meriah. Kami saling berbagi informasi melalui hanstag #WHD2013 .

2 komentar: