My Dreams

  • Defender, Planned, Orderly, Organized, Practical, Controled, Decisive, Respect, Procedures, Details, Disciplined, Conscientious, Super Dependable, Warm, Generous, Peace, Quiet, Sensitivity, Privacy, Few Interruptions, Protected, People-oriented, Serves Others, Enjoys Harmonious, Loyalty, and Devotion.

Minggu, 28 April 2013

H2O, Musuh yang Kini Menjadi Sahabat

Bukan rahasia umum bahwa sebagian besar wilayah Belanda merupakan perairan. Netherland yang artinya “Tanah Rendah”, berdasarkan topografis rata-rata wilayahnya di bawah pemukaan laut antara 1 hingga 7 meter. Orang Belanda sejak dahulu memutar otak agar negara mereka tetap bertahan, mereka sadar sedang mendiami daerah yang tidak normal.

Karena anomali tersebut, air, yang dikenal dengan lambang H2O ini merupakan musuh utama mereka. Pernah dengar bagaimana cara melawan musuh dengan lebih elegan? Jawabannya adalah taklukkan mereka dengan menjadikan mereka sahabat. Kebanyakan musuh terutama yang berpotensi menyebabkan kerugian paling besar biasanya datang dari lingkungan yang paling dekat. Jadi sebenarnya kita dapat dengan mudah mengawasi mereka. 

Artinya orang Belanda harus bersahabat dengan air.
 

Tsun Tzu seorang ahli strategi perang dari Tiongkok mengungkapkan “kenalilah dirimu tapi lebih kenali dan dekati musuhmu”. Falsafah tersebut dapat menjadi himbauan bagi Belanda untuk menyusun langkah strategis guna memenangkan perangnya dengan air.

Bentuk strategi perang Belanda antara lain proyek besar Deltaworks. Tanggul penahan ini merupakan upaya untuk mencegah terjangan badai Laut Utara terulang kembali. 13 bendungan raksasa menjadi tanda persahabatan dari Belanda kepada air agar nantinya tidak menimbulkan korban jiwa lagi.

Tak hanya menjadi petaka, ada hikmah di balik musibah. Seusai banjir besar, endapan lumpur yang terbawa oleh air juga menyebabkan tanah Belanda menjadi subur. Ini merupakan tanda persahabatan dari air untuk Belanda dengan hamparan warna-warni bunga tulip yang indah sebagai simbolnya. 

Pembuatan 43 kincir angin untuk membuka lahan pemukiman penduduk merupakan strategi Belanda juga. Pengeringan Danau Beemster merupakan langkah konkritnya. Walau dalam hal ini Belanda harus menghilangkan sebagian sahabatnya tersebut, air. Kincir angin sudah menjadi tanda persahabatan antara Belanda dan air yang juga berfungsi sebagai alat untuk mengatasi banjir dan irigasi.  

Air merupakan senyawa yang paling melimpah di muka bumi dengan rumus kimia H2O. Sebuah molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air memang satu kesatuan jika saling bertemu dalam satu wadah. Namun air juga bisa diurai.
Penguraian air dapat terjadi jika uap air dipanaskan pada suhu tinggi atau jika air dialiri listrik. Rumus penguraian air yang digunakan Belanda yaitu H2 + O. Anggaplah “H2” merupakan Harmonious Holland dan “O” merupakan Outstanding. Jadi air dapat ditaklukkan melalui penggabungan harmonisasi orang Belanda dengan segala kekuatan mereka yang luar biasa. Untuk mengurai air, Belanda menggunakan kreatifitas dan kerja kerasnya bak panas dan listrik.

Berdasarkan sumber, atom seperti oksigen tidak akan stabil sebagai atom tunggal. Maka untuk mendapatkan stabilitas dan cukup aktif, perlu dibuat menjadi molekul seperti O2. Sehingga H2O dapat diurai menjadi H2 + O2. Nah berdasarkan penjelasan diatas, Belanda menambahkan Outcomes sebagai pasangan dari Outstanding (Outstanding Outcomes). Kekuatan besar yang mampu menghasilkan output-output luar biasa yang berguna bagi negeri Belanda.

Secara garis besar, Belanda sudah menaklukkan musuh besarnya tersebut. Kini Belanda dan air telah bersahabat dan hidup berdampingan dengan baik. Walau begitu, Belanda harus tetap waspada karena biar bagaimanapun air pernah menjadi musuhnya.

Referensi:

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090112045915AAG0fAp

http://dahlanforum.wordpress.com/2009/08/14/air-h2o-senyawa-yang-paling-melimpah-di-muka-bumi/

http://kumpulan-artikel-menarik.blogspot.com/2008/10/belajar-dari-sun-tzu-untuk-perang.html

http://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/23/717-musuh-bebuyutan-yang-membuat-bangsa-belanda-kreatif/

www.deltawerken.com 

www.hellomagazine.com

4 komentar:

  1. kalo indonesia yang tadi sahabat malah jadi musuh,.. masih doyan ngasih makan sampah sih air2 nya

    BalasHapus
  2. Hehe semoga negara kita juga bisa mencontoh hal-hal baik dari Belanda kak, oia kak kirim komentar juga di sini kak:

    http://kompetiblog2013.wordpress.com/2013/04/30/096-h2o-musuh-yang-kini-menjadi-sahabat/

    makasih banyak kak:D

    BalasHapus
  3. wah kreatif ya , klo di indonesia kebanyakan cuma mengeluh dan cuek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat melakukan perbaikan di negara kita ya Kak :D

      Hapus