My Dreams

  • Defender, Planned, Orderly, Organized, Practical, Controled, Decisive, Respect, Procedures, Details, Disciplined, Conscientious, Super Dependable, Warm, Generous, Peace, Quiet, Sensitivity, Privacy, Few Interruptions, Protected, People-oriented, Serves Others, Enjoys Harmonious, Loyalty, and Devotion.

Sabtu, 27 Juni 2015

13 Fenomena yang Terjadi di WhatsApp


Kepopuleran WhatsApp nampaknya sudah tidak diragukan lagi. Salah satu CEO WhatsApp menyatakan bahwa jumlah pengguna aktif aplikasi pengirim pesan berbasis online ini berjumlah 800 Juta orang. WOW! Tentunya sudah mengalahkan sistem lama berkirim pesan menggunakan pulsa provider, dengan WhatsApp cukup pakai kuota internet atau hotspot saja. Bahkan, selain dapat diinstal di HP, bisa juga diakses melalui PC.

Tanya dirimu deh, pernahkah mengalami fenomena-fenomena menggunakan WhatsApp seperti berikut ini?

1. Tidak Mengunci WhatsApp
Sebenarnya tersedia aplikasi messanger and chat lock di appstore yang berguna untuk menjaga WhatsApp kita dari tangan-tangan jahil. Bisa jadi ada orang yang dengan sengaja membaca chat pribadi kita, ingin membajak akun kita bahkan mencuri data kita. Tetapi, karena rasa malas men-download atau menganggap itu kurang penting maka kebanyakan dari kita tidak mengunci WhatsApp.

2. Kepoin si Dia Terakhir ON Jam Berapa
WhatsApp memang dilengkapi fitur yang memungkinkan kita melihat kapan terakhir teman kita menggunakan WhatsApp. Namun, hal tersebut juga berlaku untuk teman kita, sehingga mereka bisa melihat kapan terakhir kita online di WhatsApp. Kalau merasa tidak nyaman dengan fitur ini, kita bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat aktivitas online kita. Caranya mudah, masuk ke WhatsApp > Menu > Settings > Account > Privacy. Lalu pilih siapa saja yang boleh melihat status “last seen” kita, apakah Everyone, My contacts atau Nobody. Ssst, banyak yang memanfaatkan fitur ini untuk memata-matai pasangannya lho atau kepoin gebetan kapan dia online, bahkan sampai ada yang download aplikasi WhatsDog :D

3. Dua Centang Biru = Read
Nah ini yang paling bikin kita merasa tidak enak balas chat kelamaan, karena dua centang biru menandakan kalau kita telah membaca pesan tersebut. Biar centang biru tidak muncul atau dilihat oleh pengirim pesan, silakan masuk ke WhatsApp > Menu > Settings > Account > Privacy. Lalu hilangkan centang di tap Read receipts. Hal tersebut juga akan terjadi pada kita, kita tidak bisa memantau pesan yang kita kirim apakah sudah dibaca penerimanya atau belum.

4. Ganti HP, Lupa Backup Percakapan Penting
Pesan yang ada di WhatsApp secara otomatis tersimpan di memori ponsel setiap hari. Kalau di-unistall maka akan hilang seluruh percakapannya. Lalu, bagaimana jika kita mau pindah atau ganti HP? Case seperti ini yang sering terabaikan, kita lupa mem-backup percakapan sebelumnya di WhatsApp. Sehingga, pesan mesra dari pasangan atau percakapan penting dengan client jadi hilang begitu saja. Jangan khawatir, cukup masuk ke aplikasi WhatsApp > Menu > Settings > Chat Settings. Lalu tap Backup conversation.

5. Ponsel Hilang, WhatsApp Digunakan oleh Pihak yang Tidak Bertanggung Jawab
Ponsel zaman sekarang tentunya sudah terhubung dengan banyak aplikasi maupun media sosial. Apabila ponsel tersebut jatuh ke tangan pihak yang tidak bertanggung jawab, maka tindak kejahatan sangat mungkin terjadi. Bila ponsel kita hilang atau dicuri, maka kita perlu memblokir kartu SIM kita melalui CS provider yang kita gunakan. Atau, setelah ganti kartu SIM baru, kita bisa mengaktifkan nomor WhatsApp kita kembali. WhatsApp hanya bisa diaktifkan pada satu nomor ponsel dan satu perangkat pada saat yang bersamaan. Kalau cara tersebut tidak berhasil, maka sebaiknya kita menghubungi CS WhatsApp untuk menonaktifkan akun WhatsApp kita.

6. Kalau Ganti Nomor Telepon, Gimana?
WhatsApp memang menggunakan nomor telepon untuk mengidentifikasi pemilik akun. Jika kita ingin mengganti nomor ponsel, kita hanya perlu buka aplikasi WhatsApp > Menu > Settings > Account > Change Number. Setelah itu, tinggal masukkan nomor lama kita (kolom bagian atas) dan nomor baru kita (kolom bagian bawah). Setelah itu, verifikasi nomor baru kita sehingga semua chat history, groups, foto dan sebagainya akan dimigrasi ke nomor baru kita. Jadi, kita tidak perlu repot-repot memberi tahu semua kontak yang ada di WhatsApp kalau kita telah berganti nomor telepon.

7. Tidak Sadar Di-block
Apa kamu pernah mengirim pesan ke sebuah kontak di WhatsApp dan hanya mendapat satu centang (pesan secara sukses terkirim) tanpa respon dalam jangka waktu yang lama? FYI, ini bisa jadi tanda bahwa kamu telah diblokir lho! Berdasarkan FAQ WhatsApp, ada 4 tanda bahwa kita telah diblokir oleh seseorang/akun di WhatsApp dan memang agak sulit untuk mendeteksi apakah kita memang telah diblokir.

8. Jarang Menyimpan Nomor Teman
Banyak pengguna WhatsApp yang merasa tidak perlu lagi menyimpan nomor telepon teman, apalagi yang sebelumnya terkoneksi melalui chat group. Nama pemilik akun biasanya sudah tertera di info grup. Jadi, mereka jarang “save” nama pemilik akun WhatsApp tersebut di kontak. Masalah yang sering terjadi ialah kita tidak tahu nama pemilik akun yang sedang mengirim pesan kepada kita misalnya. Paling tidak, kita bisa tahu siapa pengirim pesan tersebut dari foto profil WhatsApp mereka biar tidak salah orang.

9. Notifikasi Obrolan Grup Bejibun
Rasanya cukup sulit untuk memandangi WhatsApp terus menerus sepanjang hari. Ada kalanya kesibukan membuat kita tidak sempat mengecek ponsel. Saat kita mulai free dan membuka ponsel, ternyata sudah ratusan chat memenuhi chat group WhatsApp kita (mending kalau hanya satu, kalau chat group-nya banyak?!!?). Entah percakapan guyonan atau informasi penting yang akhirnya jadi terlewatkan. Mau scroll percakapan ke atas rasanya malas (bahkan ada ponsel yang tidak bisa di-scrolling) dan akhirnya tidak tahu intisari pembicaraan grup. Katanya sih, kalau chat group tiada henti bisa bikin baterai ponsel kita cepat habis. Selain itu, kalau chat group-nya terlalu banyak dapat menyebabkan ponsel nge-hang. Belum lagi, kalau notif-nya berbunyi. Bahkan banyak yang memilih untuk “mute group” agar ponselnya tidak berisik karena notifikasi chat group.

10. Memori HP Penuh karena Foto Ter-download Otomatis
Setelah selesai sebuah acara atau selebrasi, foto-foto yang telah di-captured biasanya akan di-share secara massal termasuk melalui WhatsApp. Gambar yang terunduh secara otomatis akan tampil di galeri dan memenuhi memori HP kita. Cara manual yang kita bisa lakukan hanya menghapus gambar (biasanya yang tidak ada kitanya, hehehe). Tetapi, ada cara lain yang direkomendasikan oleh WhatsApp yaitu membuat sebuah file atau folder .nomedia.

11. Salah Pencet jadi Voice Note
Letak icon voice note yang tepat di sebelah kiri bawah samping tempat mengetik pesan menyebabkan potensi salah pencet kerap kali terjadi. Beberapa detik tertekan, membuat voice note jadi terkirim dalam percakapan. Hal tersebut lebih sering terjadi di chat grup. Kemudian kita bilang “ Sorry guys, salah pencet!”.

12. Copy Paste Ucapan Ulang Tahun
Keramaian di grup salah satunya terjadi karena ada anggota grup yang berulang tahun. Ucapan selamat tidak lagi bersifat pribadi. Fenomena mengucapkan selamat di chat grup sudah menjadi lumrah. Entah karena malas ketik atau lucu-lucuan, teman yang lain hanya copas ucapan ulang tahun dari teman yang sebelumnya.

13. Leave Group
Bahkan sudah ada pesan berantai yang membahas fenomena leave group ini. Ada yang belum pernah membaca atau mendapatkan tulisan tersebut? Coba googling! Pertanyaan selanjutnya, apakah kamu pernah left group? Kalau iya, apa alasannya? (silakan jawab pada kolom komentar di bawah ini)

85 komentar:

  1. jika kita mnyimpan nomor seseorang yg menggunakan whatsapp tapi seseorang tsb tidak menyimpan nomor kita, apakah kontak kita ada muncul di daftar kontak teman kita tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Pampam, kontak whatsapp muncul apa bila kita menyimpannya di memory sim atau internal (save contact). Kalau tidak disimpan berarti tidak bisa melihat apakah kontak tsb terhubung dengan whatsapp :)

      Hapus
  2. Min, aku kan ganti nomor. Temenku yg ngesave nomorku yg dulu bisa tau ngga ya nomorku yg sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sih gak tau ya, kecuali berubah otomatis di grup Wa :)

      Hapus
  3. Whatsdog itu apa kak?

    BalasHapus
  4. Bagaimana cara mengetahui siapa saja orang yang menyimpan kontak whatsapp kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sepertinya susah diketahui deh karena menyangkut privasi Ris :)

      Hapus
  5. Min, mau tanya, kalau misalny saya Replace no WA apakah orang yang sudah chat dengan saya bisa tahu no hp saya yang baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau chat personal berarti teman kamu itu tidak tahu nomor baru kamu :)

      Hapus
  6. Bagaimana mengakses WA dengan nomor HP yg hilang ? Maksudnya tetep bisa akses WA di device lain (install ulang) tapi dengan nomor HP yg hilang.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Nomor hp yang hilang harus diurus dulu ke provider kamu karena kan kalau sign in Whatsapp dari device lain maka tim Whatsapp akan mengirimkan kode rahasia untuk sign-in ke nomor hp kamu tersebut.

      Hapus
  7. Mlm min. Bagaimana cara mengembalikan chat yg dulunya no nya blm sy simpan dan skrng sy ganti hp. Krn hp yg dulunya rusak. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya akan ditampilkan otomatis bila Mas rutin mencadangkan pesan :)

      Hapus
  8. Whatsapp terlalu sering "Mencadangkan", gimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukankah bisa diatur waktu pencadangannya? Atau coba install ulang :)

      Hapus
  9. Mba put, Aku mau Tanya , apakah reinstalled bisa menyebankan Kontak Kita hilang Atau seperti ke block? Soalnya pernah suatu waktu Aku chat Tmn tapi cuman ceklst, berhubung last seen Aku buat privacy Aku pikir tidak active tapi kok Lama sekali akhirnya,Aku liat statusnya jg ga ad, akhirnya Aku ubah last seen aku jadi my contact dan ttp last seen dy ga ad. Aku iseng tuh Aku ganti no di whatsapp Aku cek whatsapp nya dan ternyata last seen nya ad, Aku chat Aku konfrim kenapa Aku d block tapi dy blg dy tidak ngblock melainkan update handphone dan reinstalled semua aplikasi nya termasuk whatsapp, jadi gmn menurut mba putra?apakah Aku d block Atau dy memang reinstalled?

    BalasHapus
  10. Saya ada simpan wa seseorang..tp dia gak simpan..saya cuma ingin kepoin wa nya aja...apakah di hp dia kelihatan kalau saya ada simpan wa nya ?

    BalasHapus
  11. kalau WA dihapus akunnya apakah di hp teman yang punya nomer saya tetap ada gambar icon WA ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan hilang ikonnya dan kamu otomatis keluar dari grup-grup di mana kamu bergabung :) Kecuali misalnya kamu pernah chat dengan teman dan dia masih menyimpan room history chat denganmu. Kalau dia chat kamu lagi pasti cuma muncul satu checklist saja.

      Hapus
  12. Hallo mbk.. misal kontak saya diblokir teman saya. Terus saya menghapus wa saya dan mengaktifkan kembali wa saya dengan nomor wa yang lama (kontak yang d blokir teman saya). Apakah kontak saya tetap terblokir oleh teman saya? Atau menjadi kontak baru? Tq ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kontakmu akan tetap dalam posisi diblokir Syahria :(

      Hapus
  13. Mau tanua dong, kalo kita blokit seseorang dan kita udh hapus dari kontak (tp no msh nyangkut di data blokir) apakah kita masih bisa lihat poto profil org yg d blokir tsb ketika dy ganti foto profil?

    BalasHapus
  14. Mau tanua dong, kalo kita blokit seseorang dan kita udh hapus dari kontak (tp no msh nyangkut di data blokir) apakah kita masih bisa lihat poto profil org yg d blokir tsb ketika dy ganti foto profil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Avincha. Harusnya sih gak bisa lagi tuh :D

      Hapus
    2. Kalau kontak yg kita block, dan ternyata kita masih bisa melihat profil nya berganti itu kenapa ya?

      Hapus
    3. Apa sudah dihapus dari kontakmu di buku telepon?

      Hapus
  15. Maksudnya aku, misal kita blokir seseorang di wa, trus kontaknya org tsb kita hapus dari daftar kontak tetapi org tersebut ada di daftar kontak blokir wa...jika org tsb ganti foto profil apakah foto profil dy di kontak blokir kita ikutan ganti juga????

    BalasHapus
  16. Tanya donk..kalau kita blokir kontak seseorang, tapi kontak itu tergabung dalam grup yang sama apakah saya juga bisa baca pesan org yg saya blokir apabila org itu mengirimkan pesan di grup wa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sih tidak bisa, sudah mencoba atau mengalaminya Mif?

      Hapus
  17. May Tanya nih?di group tuh kan banyak teman saya?kan saya belum menyimpan nomer mereka,tapi saya bisa tau beberapa nama mereka?ITU kenapa ya min?

    BalasHapus
  18. Min, mau tanya,saya change number di wa 2 kali,pertama saya change number dengan nomor yg berbeda, setelah itu saya change lagi ke nomor sebelumnya. tapi setelah itu saya tidak bisa mengirim pesan ke semua grup di wa saya. Disitu tertulis kalau saya bukan anggota dari grup itu lagi. Bagaimana cara memperbaikinya ya min?
    Makasih

    BalasHapus
  19. Min, mau tanya,saya abis nge change number 2 kali di wa,pertama saya change number dengan nomor yang berbeda, setelah itu saya change lagi dengan nomor sebelumnya, tapi setelah itu saya tidak bisa mengirim pesan ke semua grup di wa saya, bagaimana memperbaikinya ya?

    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti minta diinvite ulang oleh admin grupnya Kak Zahra :)

      Hapus
  20. Min mau tanya. Kalo kita ganti no wa org lain ke hp kita danda berhasil. Lalu bagaimana tampilan whatsaap di hp org itu? Apa langsung hilang whatsaap nya atau ada notification bahwa wa nya sudah di pindah ke hp lain??

    BalasHapus
  21. Hai kak. Mau tanya dong. Kalo misal no. WA seseorang kita delete kontaknya (tapi tidak kita blokir), dan dia masih menyimpan no. WA kita, apakah foto profil dan last seen kita di dia masih tampil ?

    BalasHapus
  22. Mau tanya dong.. dulu saya mempunya nomor wa.. kemudian nomornya itu kayaknya sdh tdk aktif lagi.. nah tiba2 pacarku liat di kontak nya masih ada last seen dan bahkan tertulis online ... apakah nomirku itu dipake org lain? Atau ada system yg mungkin salah setting.. karena nomor yg lama kalau di telp sdh tdk aktif.. thankyou gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku kurang tau sih kenapa bisa begitu? Apa gak coba dichat?

      Hapus
  23. No kontak orang lain sdh sy hapus, sy blokir cm masi tergabung dlm satu grup, kok sy masi liat dia bikin pembaharuan status??? Gmn menghentikannya soalnya sgt mengganggu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah dihapus dari daftar kontak dan buku telepon tapi masih muncul pembaruan, coba tekan postingan pembaruan tersebut dan pilih mute atau bisukan.

      Hapus
  24. Hai kak mau tanya dung
    Nomor sudah saya save di contact..tetapi ketika saya mau block di wa tdk muncul di contact wa saya..padahal dia terhubung dengan wa..tkd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinannya kamu sudah diblok dia duluan atau WA dia dihapus/ atau sedang bermasalah Tere ...

      Hapus
  25. hy kak put mau tanya donk wa klo ud di hapus melalui email support@whatsapp apakah chattingan di aplikasi wa ny masih ada, apakah masih bisa di baca chattingan ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dodi. Harusnya masih bisa dibaca sih kalau diaktifkan lagi nomornya dan terhubung dengan akun gmail di mana history chat tersebut dicadangkan.

      Hapus
  26. mau tanya byk ni putri, kalau aku lama sdh tdk aktif, tapi lupa dihapus, trs ganti akun baru, masuk di grup yg sama, tiba2 akun lama keluar dr grup dan setelah dicek, akunnya mmng sdh td ada lagi. Kira2 itu ada yang make atau dihapus oleh pihak wa, takutnya disalahgunakan orang lain, makasih, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mel, aku agak bingung sama kalimat, "...dan setelah dicek, akunnya mmng sdh td ada lagi". Itu maksudnya akunnya memang sudah tidak ada lagi atau akunnya memang sudah tadi ada lagi?

      Akun Whatsapp baru akan berubah ketika melakukan penggantian nomor HP kan jadi kalau ternyata akun lama ke luar grup ketika kamu masuk dengan akun baru dan setelah ditelusuri nomor lamamu sudah tidak ada/ tidak terhubung lagi di Whatsapp berarti akun lamamu aman kok tidak ada yang menggunakan saat kamu off lama itu.

      Hapus
  27. Hy kak mau tanya , aku udah nebak kalo dia ga nyimpen nomor wa aku soalnya dia ga pernah bikin status atau baca status aku . Terus aku pancing kirim broadcast ke dia . Di bc kan ada tulisan nya tidak terkirim ke nomor yang tidak menyimpan nomor ku . Di bc an nya dia udah terima pesan ku ? . Itu tanda dia udah nyimpen kontak ku atau enggak ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Net, sepengetahuanku kalau kita bisa-bisa aja kirim bc ke siapa pun yang terdaftar sbg kontak kita. Dan kalau dia buka pesannya berarti terbaca. Dan dia gak mesti simpan kontak kita untuk membaca pesan kita.

      Hapus
  28. Hai kak. Mau tanya dong. Kalo misalkan saya ngehapus akun saya di wa,trs dikontak temen saya msh ada kontak/akun saya ga?trs msh ada foto profil kitanya ga di hp dia?tampilan di hp temen saya kira2 gmn ya kak?thanks for ur answer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Din, harusnya akun kita sudah tidak ada lagi sehingga tidak bisa dikontak maupun teman kita melihat foto profil kita. Kecuali misalnya di timeline history chat dia masih ada room di mana kalian chat-an. Tampilan akan seperti biasanya tapi ketika dia chat km lagi di room itu maka checklistnya cuma satu. Selanjutnya untuk grup-grup Whatsapp di mana kamu bergabung, kamu akan keluar dengan sendirinya.

      Hapus
  29. saya mau tanya, kalau blokir nomer orang di w.a, lalu saya clear data, dan masukkan nomer itu lagi, apakah nomer yang di blokir itu masih ada di daftar terblokir?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, maksudnya masukkan nomor itu lagi gimana ya? Emh kalau nomornya tidak dikeluarkan dari daftar blokir maka akan terus terblokir. Sudah coba cek di daftar blokir Whatsappnya?

      Hapus
  30. Sis mw tanya sya slh krm pesan tp centang satu nah supaya tidak dibaca saya delete akun
    Apa pesan sya yg msh centang 1 td terkirim walau udah delete akun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Afiqah. Harusnya sih pesanmu masih pending (centang 1) ke si dia dan ketika dia on paket internet/ wifi kemungkinan besar dia akan melihat pesanmu meskipun kamu sudah delete akun.

      Daripada harus delete akun, mendingan kamu update Whatsappmu karena versi terbaru Whatsapp sudah terdapat fitur hapus pesan untuk chat yang salah atau tidak ingin dilihat lagi.

      Hapus
  31. Mw tanya kak,,kl kita habis lihat status orang,,hbis t saya hapus akun,,dpemberitahuan orang t klihatan g kita lihat statusny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurutku sih si dia masih bisa melihat pemberitahuan bahwa kami sudah melihat statusnya di Whatsapp.

      Hapus
  32. kak mau tanya....
    saya kan satu grup dg seseorang. tp saya tidak save nomor dia ketika saya lihat profilnya, aboutnya dia nggak kelihatan tp pas saya iseng nge save nomor dia aboutnya jadi kelihatan(muncul) nah kalo kyk gitu apakah dia nyimpan nomor saya? makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, kalau kita menyimpan nomor seseorang maka akan muncul detail profil mereka yang bisa kita lihat. Akan tetapi, hal itu bukan berarti mereka sudah menyimpan nomor kita ya :)

      Hapus
  33. aplikasi wa saya instal ulang tapi,kalo misalnya no hp dia sudah ganti,tapi history chatnya masih ada,dan udah di cadangkan,apa history chatnya masih ada?

    BalasHapus
  34. kalo misalnya gk punya kontaknya,tpi ada history chatnya,nanti klo wa saya instal ulang,apa masih ada chatnya?

    BalasHapus
  35. Di bawah nomor telepon pda wa,itu kan biasa ny tertulis ponsel.
    Tapi kalo tertulis ny kustom itu berarti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Viet, itu artinya gak gimana-gimana kok hanya tergantu dari pilihan penyimpanan jenis nomor telepon di kontakmu. Coba kamu cek nomor yang di kontak WAmu tertulis kustom pada daftar penyimpanan kontak di ponsel. Setelah itu kamu klik (edit) dan di samping nomor teleponnya ada pilihan seperti utama, ponsel, kantor, home, hingga kustom.

      Hapus
  36. Kak mau tanya,
    Bagaimana cara mengsinkronkan ejaan alfabet kontak wa dengan kontak handphone?
    Soalnya saya mengganti nama kontak di hp, dan di kontak wa pun berubah namun ejaan alfabet kontak wa saya tidak beraturan.

    BalasHapus
  37. Hy putri mau tanya kalau kita udah dihapus dari kontak wa seseorang apakah kita masih bisa lihat pembaharuan ketika dy ganti profil ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Sep kalau kasusnya yang kamu maksud adalah pembaruan status yang 24 jam itu maka kamu tidak bisa melihat punya dia yang sudah menghapusmu dari kontaknya. Karena status tersebut baru bisa dilihat oleh mereka yang sama-sama atau saling save kontak.

      Tapi kalau yang kamu maksud profil dia (foto profilnya, nama profilnya, dan keterangan profilnya, dsb) maka kamu masih bisa melihatnya kok dengan klik ke akun dia di daftar kontak Whatsapp atau dari history percakapanmu dengannya.

      Hapus
  38. Hai min, mau nanya dong. Kan saya di blockir sama temen saya dan kita 1 grup whatsaap. Nah kalau aku change nomor lama ke nomor baru apakah nama kita ngerubah nomor itu ketahuan di grup?

    BalasHapus
  39. HALO KAK saya mau nanya saya diblokir oleh seseorang di whatsapp dengan nomor 08xxxxx21 kemudian saya mau change dengan nomor yang baru. Kak yang ingin saya tanyakan apakah nomor wa saya yang lama masih tersimpan di daftar blockir orang tsb?

    BalasHapus
  40. Hai min, mau tanya dong. Jika kita keluar dri grup dan menghapus grup tersebut, apakah file file baik foto dan video dri grup tersebut yg berada di galeri akan ikut terhapus juga..
    Thaks before min ..

    BalasHapus
  41. Hi admin... Mau tanya nih kl org yg dkeluarkan admin dari grup,apakh list grup di wa yg brsangkutan (yg dkluarkan dr grup) lgsg hilang dr wa nya atau ttp ada & ada pmbrithuan kl ybs dikluarkan dr grup? Thx y

    BalasHapus