My Dreams

  • Defender, Planned, Orderly, Organized, Practical, Controled, Decisive, Respect, Procedures, Details, Disciplined, Conscientious, Super Dependable, Warm, Generous, Peace, Quiet, Sensitivity, Privacy, Few Interruptions, Protected, People-oriented, Serves Others, Enjoys Harmonious, Loyalty, and Devotion.

Kamis, 07 Februari 2013

Bermimpi ke Luar Negeri

Dari sekian banyak orang yang saya temui dalam keseharian, ternyata hampir 90% bercita-cita untuk bisa pergi ke luar negeri. Menghirup atmosfer dan menapakkan kaki di belahan bumi lain menjadi salah satu dari rangkaian impian banyak orang.

Bagi orang yang yang perekonomiannya menengah ke atas, pergi ke luar negeri mungkin merupakan hal yang biasa. Bahkan saat ini ada juga yang ke luar negeri pulang-pergi bagai ke Jakarta-Bogor saja. Pergi ke luar negeri bisa dengan tujuan untuk ibadah, liburan, bekerja, bisnis, menempuh pendidikan, seminar, penelitian, kunjungan diplomatik, bahkan untuk sekedar makan siang. Namun bagi mereka yang perekonomiannya pas-pasan, biasanya berpikir berkali-kali untuk pergi ke luar negeri. Berusaha mencari alternatif perjalanan murah misalnya backpaking atau bahkan mencari peluang yang tanpa biaya sepeserpun.

Pergi ke luar negeri harus didukung oleh beberapa persyaratan seperti passpor, visa, tiket perjalanan, kemampuan berbahasa, dan sebagainya. Dari beberapa yang saya sebutkan, passpor merupakan jantung utama yang harus dimiliki. Karena dengan memiliki passpor akan lebih mempermudah proses urusan selanjutnya. Selain itu kesiapan mental juga dibutuhkan karena budaya antara negara satu dan lainnya tentu berbeda. Ada baiknya mempelajari atau setidaknya mengetahui keadaan negara tujuan kita. Kebutuhan finansial juga mutlak diperlukan, namun jika kita pandai dan beruntung menemukan peluang, tidak menutup kemungkinan kita bisa ke luar negeri secara gratis.


Bermimpi ke luar negeri adalah hak setiap orang. Nah sekarang tinggal bagaimana kita berusaha untuk mewujudkannya. Berikut upaya yang bisa kita lakukan agar bisa ke luar negeri, antara lain:

1. Menabung
Menabung pada dasarnya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Menabung dapat dijadikan upaya untuk merencanakan pejalanan kita ke luar negeri. Dengan konsistensi dan tekat yang kuat, pasti uang kita akan segera terkumpul untuk mewujudkan impan kita.

2. Ikutan Kuis
Saat ini banyak kuis-kuis yang memberikan hadiah tiket perjalanan untuk liburan ke luar negeri. Jika kita beruntung, kita bisa menjadi pemenangnya dan merasakan sensasi ke luar negeri dengan gratis atau tergantung program yang ditawarkan.

3. Menjadi "Sesuatu"
Yang dimaksud sesuatu disini adalah menjadi seseorang yang memiliki peluang untuk melanglang buana ke luar negeri, misalnya Duta Besar, Diplomat, Putri Indonesia, Reporter, TKI, dan lain-lain.

 4. Mendaftarkan Diri dalam Perlombaan atau Seminar Internasional
Bisa menjadi delegasi dari sekolah, kampus, daerah, atau bahkan mewakili negara di ajang perlombaan atau seminar internasional adalah sebuah prestasi yang cukup membanggakan. Bentuknya juga bisa berupa presentasi karya tulis. Biasanya acara seperti ini biaya di tanggung secara pribadi, namun suatu berkah jika segala akomodasi dibiayai oleh panitia pelaksana di luar negeri. Jika kegiatan tersebut juga memiliki kontribusi tertentu, maka tak jarang banyak pihak yang akan membantu menjadi sponsor untuk membantu biaya akomodasi selama pelaksanaan acara tersebut di luar negeri.

Mungkin masih banyak peluang lain yang bisa kita dapatkan untuk ke luar negeri. Kalau boleh tahu negara apa yang kamu impikan untuk mengunjunginya?

2 komentar:

  1. Saya termasuk orang yang ingin sekali ke Luar Negeri, nabung pastinya, dan ke luar negeri saat ini nggak mahal kok :)

    jadi inget pertama kali bekpeking ke singapura, malaysia, dan thailand :)

    bahasa saya rasa bukan jadi kendala, saya nggak bisa bhs thailand kok tpi lancar2 saja :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah sudah banyak pengalamannya nih^^

    Sudah pernah ke Eropa belum mas?

    BalasHapus