My Dreams

  • Defender, Planned, Orderly, Organized, Practical, Controled, Decisive, Respect, Procedures, Details, Disciplined, Conscientious, Super Dependable, Warm, Generous, Peace, Quiet, Sensitivity, Privacy, Few Interruptions, Protected, People-oriented, Serves Others, Enjoys Harmonious, Loyalty, and Devotion.

Kamis, 04 April 2013

Putri Agustina Delegasi Indonesia Mencari Kesempatan bagi Perempuan untuk Berwirausaha


G(irls) 20 Summit merupakan sebuah pertemuan besar antara perempuan berusia 18-20 tahun yang masing-masing mewakili negara G20 dan Uni Afrika untuk melihat agenda para Pemimpin G20 melalui sisi pemberdayaan perempuan demi memfasilitasi pembangunan ekonomi yang kuat, kestabilan masyarakat, dan mendorong inovasi sosial. Para delegasi akan berpartisipasi dalam diskusi panel, lokakarya, advokasi tantangan perempuan secara nyata, serta memberikan solusi untuk menuju kemakmuran dan pemberdayaan ekonomi perempuan di seluruh dunia. Semua kegiatan ini akan berujung pada sebuah komunike delegasi yang nantinya akan disampaikan kepada para Pemimpin G20 untuk memanfaatkan dan mengembangkan salah satu sumber daya terbaik di dunia, perempuan.

G(irls) 20 Summit telah dilaksanakan selama tiga kali yaitu pada tahun 2010 (Toronto), 2011 (Paris), dan 2012 (Meksiko). Pada Juni 2013 ini, akan dilaksanakan untuk keempat kalinya yaitu di Moskow, Rusia dengan tema “Jobs, Growth and Investment”.

Sebuah kesempatan yang begitu berharga, bahwa saya terpilih menjadi satu-satunya delegasi Indonesia untuk tahun 2013 ini. Ketika saya menerima e-mail dari tim G(irls) 20 Summit, mengucapkan selamat kepada saya untuk terpilih sebagai delegasi Indonesia untuk Summit 2013 di Rusia, saya speechless. Betapa beruntungnya saya diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari sebuah acara Internasional yang sangat penting. Sebuah kesempatan yang memungkinkan saya untuk berbagi ide dengan para pemimpin dari latar belakang yang berbeda, budaya yang berbeda dan tentu dengan pengalaman yang berbeda. Saya berniat untuk berbagi dan mendapatkan ilmu sebanyak yang saya bisa.

Pergi ke Rusia merupakan kepergian saya yang pertama untuk ke luar negeri. Saya membayangkan berapa jauh dan lama saya pergi menuju Rusia seorang diri. Namun hal itu adalah salah satu tantangan untuk saya dan kesempatan ini tidak akan saya sia-siakan. Saya akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin sehingga nantinya akan membawa harum nama Indonesia di tengah pemimpin dunia. Saya berharap untuk bekerja sama dan menerima segala masukan (perspektif-ide) dari seluruh perempuan Indonesia, pemerintah, serta komunitas-komunitas yang peduli terhadap isu dan pemberdayaan perempuan.

Ide yang saya ajukan dalam seleksi G(irls) 20 Summit ini diantaranya adalah peningkatan angka perempuan yang berwirausaha untuk meningkatkan perekonomian baik untuk dirinya sendiri, orang-orang disekitarnya, dan negara Indonesia. Setelah saya mendapatkan ilmu dari kegiatan Womenpreneur Summit 2013 di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Januari lalu, saya semakin percaya bahwa berwirausaha merupakan cermin kemandirian khususnya bagi perempuan. Saya berharap semakin banyak muncul organisasi atau komunitas yang berafiliasi dengan pemerintahan (kementerian) yang dapat memberikan pengetahuan tentang wirausaha kepada perempuan, pembinaan dalam bisnis, dan bantuan lainnya. Suatu hari nanti saya juga akan menjadi pengusaha wanita. Amin

Terakhir- Saya juga mengharapkan anda untuk membantu memberi dukungan kepada  para delegasi G(irls) 20 Summit seperti saya dengan menyumbang apa saja yang anda mampu berikan. Hal ini merupakan kemurahan hati anda untuk membuat peluang baik seperti G(irls) 20 Summit ini.

Terima kasih teruntuk Kak Zaki Yamani, ketua USGF UNJ yang telah memberikan informasi terkait acara G(irls) 20 Summit ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih atas doa, dukungan, dan kepercayaan dari keluarga, sahabat, panitia G(irls) 20 Summit, civitas akademika Universitas Negeri Jakarta, bagian SDM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Forum Bidik Misi UNJ, rekan-rekan International Humanity Foundation, alumni delegasi G(irls) 20 Summit tahun-tahun sebelumnya, dan pihak lainnya yang begitu berharga untuk saya.

Info lebih lanjut : Putri Agustina's Biography


2 komentar:

  1. Bagi saya Girls(20) summit ini sangat memiliki nilai positif untuk pemberdayaan perempuan sejak dini. Saya berharap, delegasi-delegasi yang ikut pertemuan ini bisa menularkan ilmunya kepada perempuan Indonesia

    BalasHapus
  2. Aminn...mudah-mudahan banyak mendapat dukungan dari masyarakat, komunitas, instansi, dan juga pemerintah:D Terima kasih atas supportnya kak Abdul Aziz

    BalasHapus