My Dreams

  • Defender, Planned, Orderly, Organized, Practical, Controled, Decisive, Respect, Procedures, Details, Disciplined, Conscientious, Super Dependable, Warm, Generous, Peace, Quiet, Sensitivity, Privacy, Few Interruptions, Protected, People-oriented, Serves Others, Enjoys Harmonious, Loyalty, and Devotion.

Sabtu, 11 Mei 2013

Kuliah Pakai Busana Daerah?Siapa Takut!


Salah satu mata kuliah kependidikan di Universitas Negeri Jakarta mewajibkan mahasiswa dan mahasiswinya mengenakan busana daerah Jakarta. Bagi mahasiswi, mereka mengenakan kebaya encim beserta kain bermotif pucuk rebung, sedangkan mahasiswa menggunakan baju koko dengan sarung di leher atau sadariah.
Hal ini diberlakukan sebagai bentuk persiapan mahasiswa dan mahasiswi semester keenam untuk menjadi guru dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah pada semester mendatang. PPL merupakan kegiatan perpaduan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dengan pengalaman dan penghayatan tugas keguruan dan kependidikan secara nyata. Kegiatan ini akan berlangsung di sekolah yang telah bekerja sama dalam mendukung program PPL.
Para guru di sekolah telah mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah DKI Jakarta yang mewajibkan setiap PNS memakai pakaian adat betawi. Tujuannya tidak lain adalah untuk melestarikan kebudayaan Betawi.
Suasana kelas begitu berbeda khususnya di program studi Pendidikan Tata Niaga Reguler 2010, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta saat mahasiswa dan mahasiswi memakai pakaian Betawi. Corak dan warna yang ceria menimbulkan suatu keindahan tersendiri. Kebaya dan sadariah membuat pemakainya menjadi terlihat lebih elegan dan berwibawa. Andai semua penduduk, khususnya pelajar mengenakan pakaian daerah sebagai bentuk identitas diri, tentu akan membuat Indonesia makin berbudaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar