My Dreams

  • Defender, Planned, Orderly, Organized, Practical, Controled, Decisive, Respect, Procedures, Details, Disciplined, Conscientious, Super Dependable, Warm, Generous, Peace, Quiet, Sensitivity, Privacy, Few Interruptions, Protected, People-oriented, Serves Others, Enjoys Harmonious, Loyalty, and Devotion.

Sabtu, 28 Februari 2015

Surat Terbuka untuk Pembegal Motor di Indonesia

Hai teman-teman pembegal yang kuat, apa kabar? Saya berharap sekali surat ini dibaca oleh kalian. Tak selamanya surat terbuka itu hanya ditujukan kepada sosok yang berpengaruh di negeri ini, sekarang kalian juga tidak kalah ngetopnya dengan mereka. Jadi, suatu kehormatan bagi saya dapat menuliskan surat spesial ini untuk kalian. Namun sebenarnya saya masih kurang yakin apakah kalian memiliki waktu untuk membuka internet dan sengaja googling dengan kata kunci “begal”, mudah-mudahan tulisan ini masuk di halaman pertama pencarian kalian.

Tahukah kalau belakangan ini informasi tentang kalian selalu ramai diberitakan di TV, radio dan media massa maupun online, tidak hanya itu broadcast di media sosial penuh oleh drama kalian. Kalian senang yah jadi terkenal dengan meresahkan masyarakat gitu? Mengetahui modus tersebut, mulanya saya pribadi menanggapi dengan biasa saja, karena sebelumnya saya itu tidak diperbolehkan mengendarai motor jauh-jauh oleh orang tua saya. Kemana-mana saya naik angkutan umum. Tapi setelah saya berpikir kembali kalau orang tua, kerabat, sahabat dan teman-teman saya yang lain adalah pengendara motor aktif, saya kemudian merasa cemas. Kalau Bapak dan Adik saya belum pulang di waktu yang seharusnya mereka telah di rumah, saya selalu gusar lalu menghubungi mereka. Saya mencari informasi tentang begal, membaca bagaimana cara terhindar dari begal, mencatat dimana saja tempat kejadian perkara begal dan menginformasikan kepada orang-orang terdekat saya.

Teman-teman itu sudah tidak tertarik lagi dengan modus pencurian kendaraan bermotor secara diam-diam ya? Atau sekarang sudah melatih kekuatan fisik dan verbal, belajar menggunakan senjata api dan tajam, menonton film-film aksi, atau mendapatkan ilmu kebal serta membentuk tim yang solid? Sehingga teman-teman tidak lagi segan kepada pemilik kendaraan yang ingin dicuri, jadi teman-teman bisa sekaligus melukai atau bahkan membunuh korban?

Teman-teman begal yang kini jadi buah bibir masyarakat, kalian marah yah dengan kesenjangan sosial yang terjadi di negeri ini? Teorinya kan berkata bahwa kemiskinan dan pengangguran berkorelasi dengan tindakan kriminal. Berarti apakah benar kalau teman-teman itu berada dalam keadaan ekonomi lemah dan tidak memiliki pekerjaan halal sehingga teman-teman merasa dapat melampiaskan kekesalan kepada pemilik kendaraan bermotor, yang teman-teman anggap kalau mereka itu orang kaya? Apapun alasannya, sampai kapanpun tidak akan ada tindak kriminal yang dibenarkan, termasuk begal. Coba cari lagi dimana hati nurani kalian, tanyakan padanya, kemiskinan dan kondisi menganggur itu bukan alasan untuk merampas hak milik orang lain, apalagi menghilangkan nyawanya. Saya yakin nurani kalian itu masih ada, hanya saja terabaikan karena nafsu semata. Selain itu, sanksi atas pelanggaran hukum dan dosa yang akan teman-teman dapatkan tentu besar, jangan sampai menyesal kemudian. Saya juga miskin, keluarga saya membeli motor secara kredit yang dibayar dengan keringat bekerja sedari pagi hingga sore. Tolong jangan tega merampas hasil kerja keras itu, begitupun kepada orang lain di luar sana. Teman-teman juga bisa mencari pekerjaan yang baik kok, yang menentramkan jiwa.

Mohon doanya, apabila saya nanti menjadi penyedia lapangan kerja, saya akan merekrut teman-teman. Saya ingin anti mainstream dengan mempekerjakan orang-orang yang tidak mungkin lagi membuat surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian. Menurut hemat saya, teman-teman adalah orang yang memiliki keahlian dan kompeten, hanya saja telah terjebak pada jalan pencarian rezeki yang salah. Saya sedang memikirkan bidang kerja apakah yang bisa memberdayakan kalian, mungkin dalam dunia hiburan untuk menjadi bintang film action, menjadi bodyguard atau bahkan pembalap. Seperti halnya waktu itu saya pernah berkhayal mempekerjakan pelaku curanmor untuk menjadi teknisi di perusahaan pembuatan kendaraan bermotor guna menciptakan sistem pengamanan kendaraan bermotor yang lebih apik. Tapi syaratnya adalah status teman-teman harus berubah menjadi “mantan”, mantan begal dan bertaubat. Tinggalkan saja para penadah motor curian itu, untuk yang lain tolong jangan beli motor hasil curiannya. Putuskan rantai kejahatan ini. Karena bisa jadi korban begal malah orang-orang yang kalian sayangi.

Sekian surat dari perempuan biasa seperti saya ini, mudah-mudahan kehidupan teman-teman akan menjadi lebih baik lagi kedepannya. Ingat, rezeki akan datang kepada kita yang selalu berbuat baik. Semoga penduduk negeri ini lebih sejahtera, sehingga dapat mengurangi tindak kriminal dan meningkatkan keamanan lingkungan.


Salam,

Putri Agustina

8 komentar:

  1. Waah kereenn semoga para pebegal mengetahui surat Ini... dan mau betoubat berubah jadi mantan.

    BalasHapus
  2. Surat terbuka yg bagus dan apa adanya.
    Semoga keinginan nya bisa menjadi kenyataan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin, terima kasih atas pujian dan sudah mampir untuk membaca suratnya :)

      Hapus
  3. Masuk viva.co.id nih :D
    http://log.viva.co.id/frame/read/aHR0cDovL3B1dHJpYWd1c3RpbmFsaWtlcy5ibG9nc3BvdC5jb20vMjAxNS8wMy9zdXJhdC10ZXJidWthLXVudHVrLXBlbWJlZ2FsLW1vdG9yLWRpLmh0bWw=

    BalasHapus
  4. berner juga sist, bagus juga itu idenya, semoga terbaca masyarakat luas, khususnya para pemimpin agar bisa mengimplementasikan ide Mba.

    BalasHapus