My Dreams

  • Defender, Planned, Orderly, Organized, Practical, Controled, Decisive, Respect, Procedures, Details, Disciplined, Conscientious, Super Dependable, Warm, Generous, Peace, Quiet, Sensitivity, Privacy, Few Interruptions, Protected, People-oriented, Serves Others, Enjoys Harmonious, Loyalty, and Devotion.

Senin, 31 Desember 2012

Halte Alternatif Transjakarta Menuju Kalideres

Siapa warga Jakarta yang tidak mengenal transjakarta?. Alat transportasi yang sudah berumur kurang lebih 8 tahun ini awalnya dicetuskan untuk mengurangi kemacetan di DKI Jakarta. Bagi pengguna setia transjakarta pasti memiliki pengalaman suka maupun duka. Ada yang merasa sudah nyaman, ada pula yang merasa pelayanan transjakarta belum maksimal. Untuk anda yang masih pemula dalam menggunakan jasa transportasi ini ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu terkait rute tujuan anda. Ingatlah pepatah, "malu bertanya, sesat di Jakarta".^^

Saat ini transjakarta memiliki 11 koridor aktif dan beberapa koridor ekspres. Menurut informasi yang saya dapatkan, masih ada 4 koridor masa depan yang sudah direncanakan yaitu koridor 12 (Pluit - Tanjung Priok), koridor 13 (Blok M - Pondok Kelapa), koridor 14 (Manggarai - UI), dan koridor 15 (Ciledug - Blok M). Mudah-mudahan rencana tersebut segera direalisasikan agar masyarakat semakin mendapatkan kemudahan dalam bertransportasi.
Sebagai warga Kalideres dan pengguna transjakarta, saya akan menginformasikan rute alternatif menuju Kalideres dengan menggunakan transjakarta. Saya akan menjelaskan kelebihan serta kekurangan halte-halte tempat menunggu bus transjakarta menuju Kalideres. Informasi ini merupakan pengalaman pribadi dan mudah-mudahan berguna untuk teman-teman pengguna transjakarta.

A. Halte Pulogadung 
Sumber: www.infobusway.com
Menurut saya trayek koridor ekspres penggabungan koridor 2 dan 3 ini (Pulogadung - Kalideres) merupakan trayek terpanjang menuju Kalideres. Dari timur ke barat dan melalui halte-halte yaitu Pulogadung, Bermis, Pulomas, ASMI, Pedongkelan, Cempaka Timur, RS Islam, Cempaka Tengah, Pasar Cempaka Putih, Rawa Selatan, Galur, Senen, Atrium, RSPAD, Deplu, Gambir 1, Istiqlal, Juanda, Pecenongan, Harmoni, RS Sumber Waras, Grogol, Jelambar, Indosiar, Taman Kota, Jembatan Gantung, Dispenda atau Samsat Barat, Jembatan Baru, Rawa Buaya, Sumur Bor, Pesakih, dan Kalideres.  
Melalui halte Pulogadung, kesempatan untuk mendapatkan tempat duduk cukup terbuka karena halte ini adalah halte awal perjalanan. Bus transjakarta yang ada di sana tujuan Kalideres cukup tersedia. Namun, di jam-jam tertentu seperti jam kerja dan pengisian BBG (sekitar jam 12.00 WIB atau 13.00 WIB) jumlah bus sering tidak cukup untuk mengakomodasi penumpang.

B. Halte Pasar Baru 
Sumber: http://id.wikipedia.org
Halte Pasar Baru merupakan halte pemberhentian akhir dari koridor 3 (Kalideres - Pasar Baru). Tidak seperti halte pemberhentian akhir lainnya, halte Pasar Baru tidak memiliki tempat parkir bus. Halte ini cenderung berada di tengah-tengah dan bus menuju Kalideres hanya berputar saja mengambil penumpang di Halte Pasar Baru. Sebagaimana pemberhentian akhir, penumpang diwajibkan turun atau keluar dari halte dan dilarang untuk kembali naik bus (transit). Jika ingin transit, penumpang diwajibkan untuk membayar karcis kembali, namun hal ini hanya berlaku sementara di halte Pasar Baru. Peraturan di halte Pasar Baru sering berubah dan akhirnya halte ini memperkenankan untuk menjadi halte transit dan penumpang tidak perlu membeli karcis lagi. Biasanya digunakan transit oleh penumpang yang ingin ke Kalideres dari halte-halte seperti Juanda dan Pecenongan. Ada aturan yang menghimbaukan kepada penumpang yang ingin transit agar berputar dahulu melewati pembatas, kemudian antre di belakang.
Awalnya bus yang datang untuk menurunkan penumpang dan mengangkut penumpang baru menuju Kalideres relatif cepat, kurang lebih 15 sampai 30 menit sekali. Semakin hari semakin banyak peminat transit ke Kalideres memilih alternatif ini. Kemudian setelah beberapa lama, peraturan busnya berubah menjadi sistem 2:1 yang artinya 2 bus hanya menurunkan penumpang kemudian dikosongkan, lalu 1 bus untuk dinaiki oleh penumpang dari Halte Pasar Baru. Sistem itu masih cukup diterima oleh penumpang. Namun semakin ke sini, menunggu di halte Pasar Baru tidak lagi menjadi alternatif yang baik. Bus yang datang  kira-kira 1 sampai 2 jam sekali. Bahkan sudah ada pengumuman di pintu halte bahwa bus akan datang 1 jam sekali. Ternyata setelah diselidiki, bus-bus dari Kalideres yang menuju Pasar Baru banyak yang menurunkan penumpang di Harmoni. Mereka berputar di Harmoni atau putaran Juanda.

C. Halte Juanda
Sumber: www. panoramio.com
Halte Juanda merupakan halte yang dilewati oleh koridor 2, 3, 8, dan beberapa koridor ekspres lainnya. Maka dari halte ini kita juga dapat menunggu bus yang menuju Kalideres. Halte ini lebih dahulu dilewati sebelum halte Pecenongan. Awalnya halte yang agak kecil ini cukup menjadi alternatif transit bagi penumpang yang tidak ingin menikmati panjangnya antrean Kalideres di halte Harmoni. Jadi mereka memilih transit di halte Juanda guna menunggu bus menuju Kalideres, bahkan ada juga yang berputar kembali menuju halte Pasar Baru mengikuti langkah poin B di atas. Namun sama seperti halte Pasar Baru, makin ke sini bus-bus Kalideres jarang berhenti di Juanda. Banyak bus yang penumpang ketahui itu merupakan bus menuju Kalideres, namun satgasnya bilang itu bus yang menuju Harmoni saja. Padahal penumpang sudah banyak yang memahami kode-kode bus yang menuju Kalideres. Penumpangpun mengira bahwa satgas membohongi mereka. Penumpang juga kesal karena banyak bus yang hanya lewat saja, padahal antrean di halte Juanda sudah penuh dan pengap. Bagi penumpang yang ingin transit di halte Juanda namun haltenya tampak penuh, mereka biasanya meneruskan untuk turun di halte Pecenongan saja.

D. Halte Bunderan Senayan
Sumber: www. skyscrapercity.com
Kalau tidak salah, pada tahun 2010 koridor ekspres (Kalideres - Bundaran Senayan) diberlakukan. Halte ini memiliki jadwal tertentu yaitu bus pertama berangkat dari halte Kalideres sekitar pukul 06.30 WIB dan bus terakhir yang menuju ke Kalideres jam 10.00 WIB. Sedangkan untuk jadwal sore  yaitu pukul 16.00 WIB - 20.00 WIB. Sebuah trayek yang cukup menjadi alternatif bagi penumpang transjakarta yang kesehariannya bekerja di daerah Thamrin atau Sudirman. Namun kita semua tahu bahwa daerah tersebut merupakan daerah ramai dan pusat perkantoran. Sayangnya armada Kalideres - Bundaran Senayan hanya sedikit sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu kedatangan Bus. Jika kita datang pagi-pagi dari halte Bunderan Senayan Insha Allah kita bisa naik, namun jika telat sedikit saja armada sudah berangkat.  

E. Halte Harmoni 
Koleksi Pribadi
Halte Harmoni juga disebut sebagai halte sentral karena letaknya di tengah-tengah dan menjadi pusat transit atau pemberhentian bus transjakarta. Sebagaimana halte sentral dan transit dari banyak koridor, maka jangan heran jika halte ini selalu penuh dan memiliki antrean yang panjang apalagi di jam-jam sibuk. Halte Harmoni dapat dijadikan pilihan bagi penumpang yang bertujuan pergi ke Kalideres. Bus Kalideres yang mengambil penumpang dari Harmoni terdiri dari bus dari Pulogadung dan Pasar Baru. Ada pula bus-bus kosong yang disediakan untuk mengangkut penumpang menuju Kalideres. Jika saya mengetahui adanya survei pengguna tranjakarta yang bertujuan ke Kalideres, saya yakin jumlah penumpangnya pasti banyak sekali dan jumlahnya selalu meningkat. Saya sering bergurau bahwa orang-orang Jakarta pindah ke Kalideres semua. Setelah saya banding-bandingkan, saat ini yang terbaik adalah rute menuju Kalideres melalui Harmoni. Walau antreannya cukup panjang, namun bus-bus banyak yang datang dan cukup tersedia untuk mengangkut penumpang.

Koleksi Pribadi
Demikian opini dari saya mengenai halte alternatif untuk mendapatkan bus transjakarta menuju Kalideres. Kondisi di atas merupakan kondisi yang saya rasakan akhir-akhir ini. Masalah jumlah penumpang dan antrean itu hal yang biasa dalam pelayanan publik. Akan berbeda ceritanya jika situasi DKI Jakarta sedang hujan, demo, atau terjadi kerusakan pada pengisian bahan bakar transjakarta. Jika hujan, dapat dipastikan Jakarta akan macet dan bus transjakarta akan telat kedatangannya. Apalagi jika terjadi banjir, saya pernah bermalam di bus transjakarta sampai jam 2.00 WIB dini hari. Jika ada demo, bisa terjadi kemacetan dan pengalihan-pengalihan rute. Jika pengisian BBG mengalami kerusakan, sudah dipastikan armada yang beroperasi sedikit.

2 komentar:

  1. Hi mba. Ini postingan nya sudah cukup lama ya. Kalo keadaan skg bgmn ya? Apa melalui harmoni masih jd alternatif terbaik? Saya googling cukup byk jg orang yg sarankan naik dr juanda, ps baru atau pecenongan lbh enak. Saya lg mw kerja daerah sudirman, rumah sy di kalideres. Lagi cari rute terbaiik untuk pulang.Dengar2 sih expres bunsen-kalideres jg tidak bs diharapkan, lama skali datangnha. Mohon infonya ya mba.

    BalasHapus
  2. Hi Mba...iya memang postingan ini sudah lama. Duh saya juga telat membalas komentar ini, mudah2an sudah dapat alternatif terbaik ya Mbak. Iya kalau dari rute saya, yg terbaik masih Juanda. Dan menurut saya sekarang waktu tunggu sudah agak berkurang dgn adanya Bus yang gandeng ke arah kalideres.

    BalasHapus