My Dreams

  • Defender, Planned, Orderly, Organized, Practical, Controled, Decisive, Respect, Procedures, Details, Disciplined, Conscientious, Super Dependable, Warm, Generous, Peace, Quiet, Sensitivity, Privacy, Few Interruptions, Protected, People-oriented, Serves Others, Enjoys Harmonious, Loyalty, and Devotion.

Sabtu, 23 Mei 2015

Kebiasaan Netizen Indonesia : Judging by The Title

Seiring perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), nampaknya setiap orang umumnya memiliki gadget dan aktif di media sosial. Sudah ada riset yang menyatakan bahwa orang Indonesia pengakses internet, termasuk media sosial itu jumlahnya sangat tinggi.

Akses informasi semakin mudah didapat, demikian pula dengan membaca artikel berita melalui media online. Tidak hanya membaca berita, netizen dapat sekaligus berinteraksi dalam komunikasi virtual dengan siapapun, baik dikenal maupun yang tidak dikenal.

Ibarat manusia, kebanyakan yang dilihat duluan adalah bentuk rupanya. Untuk menarik minat pembaca, penulis artikel menulis judul berita yang eye-catchy namun sering pula mengundang kontroversi. Kadang, pembaca juga hanya menilai isi artikel melalui featured picture-nya saja.

Kelucuannya, bisa dilihat pada artikel yang dibagikan media online melalui media sosial. Tanpa harus membuka link, perhatian kita sebagai pembaca bisa teralihkan ke dalam kolom komentar dan tidak jarang melihat para netizen berdebat.

Lihatlah kolom komentar tersebut. Tidak hanya ada komentar yang baik dan bijaksana, melainkan sejumlah komentar pedas, mengesalkan dan provokasi juga muncul. Padahal, isi artikel bisa jauh dari apa yang diperdebatkan mereka, bahkan komentarnya sering pula sama sekali tidak nyambung dengan artikel.

Tentunya, kita bisa menilai sejauh mana pemahaman dan ilmu seseorang dari perkataannya. Termasuk kalimat komentarnya di kolom komentar artikel berita media online. Melihat fenomena ini, banyak orang yang merasa bahwa membaca kolom komentar itu lebih seru dibandingkan membaca artikel di dalam link.

2 komentar: