My Dreams

  • Defender, Planned, Orderly, Organized, Practical, Controled, Decisive, Respect, Procedures, Details, Disciplined, Conscientious, Super Dependable, Warm, Generous, Peace, Quiet, Sensitivity, Privacy, Few Interruptions, Protected, People-oriented, Serves Others, Enjoys Harmonious, Loyalty, and Devotion.

Sabtu, 04 April 2015

Kapan Waktu yang Tepat Membeli Baju Lebaran?

Setelah memenangkan satu bulan penuh puasa Ramadhan tahun ini, umat Islam akan merayakan Hari raya Idul Fitri 1436 Hijriyah yang jatuh pada 17-18 Juli 2015. Berkumpul bersama keluarga, bersilaturahmi dengan tetangga dan sanak keluarga serta bermaaf-maafan adalah wujud dari indahnya Idul Fitri.

Wajar saja bila semua orang ingin tampil beda dan rapi pada momen istimewa Lebaran. Rasanya kurang lengkap jika menyambut para tamu dengan penampilan yang biasa saja. Apalagi anak-anak, merekalah yang biasanya paling heboh mengajak orang tuanya berbelanja baju baru beberapa minggu sebelum Lebaran tiba. Mengenakan baju baru akan menjadikan penampilan kita berbeda dari biasanya, lebih keren, cantik, anggun dan bersahaja.

Menurut sejarah, kebiasaan yang telah membudaya di masyarakat, yakni memakai baju baru ketika berlebaran sudah terjadi sejak tahun 1596. Walaupun sebenarnya berhias dan memakai pakaian baru saat Lebaran itu hukumnya sunnah.

Berbagai pusat perbelanjaan tentu menyediakan produk-produk baju dengan jumlah yang lebih besar dibanding hari-hari biasanya. Stok diperbanyak, display dipercantik, memberikan diskon, begitulah yang terjadi di toko baju pada pusat perbelanjaan di setiap daerah saat menjelang Lebaran. Pemandangan seperti antrian panjang di kasir, area parkir yang penuh, hingga kemacetan di pusat-pusat perbelanjaan pun bukan hal yang aneh lagi.

Fenomena membeli baju Lebaran yang biasanya terjadi pada waktu berikut ini perlu kita pertimbangkan demi kenyamanan berbelanja :

Sebelum memasuki bulan puasa

Ada juga orang yang sudah mempersiapkan baju lebaran jauh-jauh hari di luar bulan Ramadhan. Misalnya, waktu jalan-jalan di mall melihat pakaian lucu yang cocok dipakai saat Lebaran, buru-buru beli deh buat disimpan dulu. Harganya pasti masih sesuai harga normal pasaran.

H-30 atau awal bulan Ramadhan

Pada minggu pertama bulan Ramadhan, orang-orang biasanya belum belanja baju Lebaran karena memang momennya masih lama. Nah, kita bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk membeli baju Lebaran supaya tidak berdesak-desakan dengan pengunjung. Kondisi pusat perbelanjaan masih relatif sepi, jadi kita bisa sekaligus cuci mata misalnya sambil ngabuburit. Tentunya, kita lebih puas memilih baju tanpa dipusingkan dengan ramainya pengunjung yang dapat menghalangi saat memilih baju atau terhindar dari antrian di kasir. Model-model baju hits Lebaran tahun ini pasti sudah dirilis dan dijual. Namun, pedagang pakaian sudah mulai pasang harga Lebaran.

H-15 atau pertengahan bulan Ramadhan

Toko-toko mulai banting harga alias sale. Diskon memang bikin hemat tapi saingan rebutan baju juga makin membludak. Hati-hati jangan sampai batal puasanya karena kehabisan tenaga untuk berburu baju Lebaran. Kemungkinan besar toko atau pusat perbelanjaan akan disesaki pengunjung, apalagi weekend. Kalau udah ramai begitu, copet bisa beraksi dengan lihainya. Kalau membawa anak saat berbelanja, harus diawasi dengan lebih ekstra.

H-7 atau setelah THR turun

Kalau uang THR sudah di tangan, pasti hasrat belanja bisa segera tersalurkan. Biasanya THR turun setidaknya 7 hari sebelum Lebaran, beruntunglah bagi yang turun lebih duluan dan bersedihlah bagi yang lebih lama cairnya. Berhubung hari Lebaran tinggal menghitung hari, pusat perbelanjaan makin penuh dan sumpek, tak terkecuali weekend karena sudah banyak yang libur. Kadang karena kepepet sama waktu, mau dibandrol berapapun bisa jadi kita rela mengeluarkan kocek tinggi demi baju Lebaran yang menarik mata (dan hati). Saking ramainya, kita juga bisa kurang teliti saat membeli baju.

H-1 atau malam Takbiran

Ini sih sudah mepet banget yah, tapi masih ada juga lho yang baru belanja baju Lebaran malam Takbiran. Alasannya beragam, bisa karena baru ada waktu atau uang, banyak toko yang banting harga, mencari baju Lebaran tambahan dan lain sebagainya. Kekurangannya sih di waktu tersebut toko-toko sudah banyak yang tutup karena ditinggal mudik jadi kurang pilihan model bajunya.

Tapi jangan sedih bila ternyata tidak bisa mengalokasikan waktu belanja dengan datang langsung ke pusat perbelanjaan, tidak mau berdesak-desakan atau telah kehabisan stok baju Lebaran kece. Masih ada pilihan lain, yaitu belanja online. Tinggal mampir ke Zalora Indonesia, pilih-pilih pakaian sambil nunggu beduk berbuka puasa lewat laptop atau gadget, konfirmasi dan bayar via cash on delivery, kartu kredit atau transfer bank, lalu bersantai menunggu barang diantar ke rumah oleh kurir. Yang lebih enaknya lagi, langsung dapat diskon 15% tanpa minimal pembelian dengan menggunakan kode voucher ZBAPQAKC. Intip langkah-langkahnya di postingan ini.

Selamat berburu baju lebaran dengan menggunakan voucher ZBAPQAKC di Zalora Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar